Di masa pandemi Covid – 19 salah cara yang dapat dipakai untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik adalah melalui video. Bisa langsung di kirimkan kepada siswa, atau diunggah terlebih dahulu ke youtube, baru kemudian link nya kita bagikan ke siswa. Entah melalui WA group, Google Classrom, Kelas Microsoft Teams, maupun posting di blog. Bisa langsung di kirimkan kepada siswa, atau diunggah terlebih dahulu ke youtube, baru kemudian link nya kita bagikan ke siswa. Entah melalui WA group, Google Classrom, Kelas Microsoft Teams, maupun posting di blog. Video Pembelajaran termasuk kategori Karya Inovatif. Sesuai dengan Buku 4 Pedoman PAK, Video Pembelajaran termasuk ke dalam Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga dan Alat Praktikum.Angka kredit untuk video pembelajaran tergantung dari kompleks atau sederhananya video yang dibuat.
Materi Vidio Pembelajaran KLIK DISINI
Dalam buku 4 PKB , ada beberapa bentuk karya inovatif :
- Menciptakan karya Seni, bisa seni sastra, seni rupa, desain komunikasi visual, seni musik atau seni suara, seni busana, dan seni pertunjukan.
- Membuat karya teknologi tepat guna berupa program komputer atau alat/mesin
- Karya teknologi tepat guna berupa pengembangan bidang sains, alat pelajaran/alat peraga yang sesuai dengan tugas mengajar guru
Apa yang dimaksud dengan alat pelajaran/peraga?
Ini adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep atau cara kerja tertentu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Bisa juga membuat modifikasi atau inovasi alat pelajaran atau alat peraga yang sudah ada di sekolah.
Apa saja yang termasuk alat pelajaran/peraga?
Katagori sederhana (Angka Kredit = 1) misalnya :
- Poster/gambar sejumlah 2
- Alat permainan pendidikan sejumlah 2 set
- Set model sejumlah 2 set
- Alat bantu pelajaran sejumlah 2
- Video pembelajaran/ animasi pembelajaran komputer berdurasi minimal 15 menit
Katagori kompleks (nilai angka kredit = 2) misalnya:
- Poster/gambar sejumlah 4
- Alat permainan pendidikan sejumlah 4 set
- Set model sejumlah 4 set
- Alat bantu pelajaran sejumlah 4
- Video pembelajaran/ animasi pembelajaran komputer berdurasi minimal 30 menit