1. Yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran adalah tidak ada keabadian dalam kehidupan manusia dan lingkungannya. Pendidikan dan pengajaran tidak dapat dipisahkan pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai amggota masyarakat. Anak-anak adalah sebuah kehidupan yang akan tumbuh menurut kodratnya sendiri. Maka, Ki Hadjar menekankan arti penting memperhatikan kodrat alam dalam diri anak semasa pendidikan. Mendidik anak berarti mempersiapkan masa depan anak untuk berkehidupan lebih baik, demikian pula dengan mendidik masyarakat berarti mendidik bangsa.
2. Relevansi Konteks pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan di Indonesia saat ini masih belum terlihat sempurna dan masih perlu banyak dorongan, motivasi, gerakan dan terobosan baru di dunia pendidikan, cara belajar, metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang kami lakukan dan terapkan di sekolah sudah berbagai cara dan macam, akan tetapi hasil yang kami dapatkan jauh dari kata sempurna karena kembali lagi terbentu dengan sarana, prasarana, media yang dimiliki anak didik kami. sehingga semua itu terbentur dan sampai dengan saat ini kami masih berusaha untuk tetap mencari cara dan jalan agar pembelajaran tetap berlangsung dan selalu mengedepankan pembelajaran melalui hati dan pendekatan dari hati ke hati bersama anak didik kami dan orangtua/wali siswa
3. Belum, dan masih banyak hal yang harus kami pelajari dan dalami lagi, kami sebagai guru yang belum mampu mencapai kata sempurna mendidik anak didik kami di sekolah walaupun kami berusaha semaksimal mungkin untuk terus berusaha mendidik dan mencerdaskan anak didik kami di sekolah, banyak hal yang harus kami pelajari salah satu nya dengan cara bergabung menjadi Calon Guru Penggerak di Angkatan 8 ini menjadikan kami guru yang terus mau belajar, karena nanti nya kami juga harus mendidik dan meneruskan ilmu pengetahuan yang kami punya kepada anak didik kami di sekolah nanti.
Harapan dan Ekspektasi
Harapan kami setelah mempelajari modul ini sangat besar, kami dapat menerapkan seluruh konsep, filosopi dan peta fikiran pembelajaran Ki Hajar dewantara terutama di sekolah dan kelas kami nantinya, dan berharap akan mendapatkan hasil yang maksimal, baik dari segi keterampilan anak didik kami dan tentunya perubahan karakter dan budi pekerti anak didik kami, Ekspektasi kami sebagai guru di dalam kelas sangat tinggi,pencapapian yang ingin kami dapatkan dari seuruh anak didik kami, dan semoga setelahnya kami mendalami, memahami konsep pembelajaran Ki Hajar Dewantara ini dapat menjadikan kami guru tak pernah pantang menyerah untuk selalu belajar demi kemajuan keberhasilan dan ketuntasan belajar anak didik kami nantinya.