Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru. Bahan dan instruksi detail yang bersifat khusus dikirimkan atau disediakan untuk peserta didik yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh guru. Dalam kenyataannya dapat dimungkinkan guru dan peserta didik tersebut terpisah tidak hanya secara geografis namun juga waktu.
Pembelajaran jarak jauh adalah proses transfer pengetahuan untuk pelajar (siswa) yang dipisahkan dari instruktur (guru) dengan waktu dan jarak fisik sehingga membuat penggunaan komponen teknologi, seperti video, internet, CD, kaset, dan bentuk teknologi lainnya untuk mencapai pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh dan pendidikan jarak jauh adalah istilah yang digunakan dalam pendidikan dan teknologi pembelajaran. Hal ini dianggap bahwa pembelajaran jarak jauh telah menjadi metode pengajaran dan pembelajaran bagi banyak orang (Moore dan Kearsley, 1996).
Di masa pandemi covid 19 ini pada awalnya SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun pelajaran 2020/2021 melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi whatsapp grup kepada peserta didik. Pada mata pelajaran IPA kompetensi dasar sistem reproduksi manusia kurang maksimalnya motivasi dan prestasi peserta didik ditemui saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini. Berawal dari hasil pekerjaan yang dikirim di aplikasi whatsapp grup pada siswa kelas IXA semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 dari 28 peserta didik yang mengirimkan hasil pekerjaan hanya 18 peserta didik dan nilai rata – rata kelas 69,11.
Berdasarkan hasil diskusi dan evaluasi yang menjadi penyebab motivasi dan prestasi peserta didik rendah karena aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan kurang menarik dan komunikatif terhadap peserta didik. Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPA tersebut, maka penulis perlu mengubah aplikasi metode pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menarik dan bermakna. Salah satu aplikasi yang dapat diterapkan agar tercipta pembelajaran yang menarik dan bermakna adalah menggunakan aplikasi Microsoft Teams Office 365.
Microsoft Teams adalah layanan dan aplikasi yang dibuat oleh microsoft untuk memudahkan kita dalam berhubungan lewat virtual atau gaway secara langsung dan dapat dilakukan dimana saja serta menyediakan kualitas video yang baik dan jernih dan dikembangkan langsung oleh Microsoft, serta memudahkan kita untuk kerjasama tim dalam sebuah grup yang kita buat sendiri. Langkah-langkah dalam mengoprasikan aplikasi ini di SMP Negeri 1 Ngadirojo adalah pertama sekolah melakukan deploy office 365 menggunakan domain smpn1ngadirojowonogiri.sch.id, kedua guru melakukan instalasi di handphone, ketiga guru membuat kelas dan memasukkan peserta didik, keempat guru mengunggah atau mengirim materi di aplikasi Teams, kelima guru melakukan penugasan, uji kompetensi dan penilaian lewat form aplikasi teams ini.
Kelebihan menggunakan microsoft teams ini adalah sangat mudah mengelola kelompok, menyediakan pengeditan dan berbagi file dimana saja, menyediakan kualitas video dan audio yang baik, mengobrol secara pribadi maupun grup dengan saluran khusus, hanya menyimpan percakapan penting, cepat menemukan apa yang dicari di obrolan percakapan, sangat mengutamakan keamanan dan privasi. Guru juga dengan mudah melakukan pengiriman materi dan soal uji kompetensi ke Microsoft Teams. Dokumen yang dikirim juga tersimpan, mudah dilakukan penilaian, tidak mudah hilang dan hasil nilainya bisa di download ke aplikasi excel, sehingga memudahkan dalam mengerjakan administrasi pembelajaran jarak jauh. Peserta didik juga suka dalam menggunakan aplikasi ini, seperti misalnya ada animasi yang tampil setelah peserta didik mengirimkan jawaban kepada guru. Peserta didik juga dapat melihat nilai secara online yang telah dikoreksi hasilnya oleh guru. Setelah menerapkan model pembelajaran jarak jauhdengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams Office 365 pada materi sistem reproduksi kelas IXA semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 terjadi peningkatan kreativitas dan prestasi peserta didik, ini dilihat dari motivasi dalam mengirimkan tugas meningkat mencapai 28 peserta didik dan uji kompetensi yang telah dilakukan nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 82,32. Ini terbukti bahwa pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Microsoft Teams Office 365 dapat meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik, serta membatu mewujudkan visi warga sekolah yang disiplin dalam bersikap, luhur dalam berperilaku, unggul dalam berprestasi dan berwawasan lingkungan