Survei Karakter (SK ) adalah upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter para murid di sekolah terkait apakah azas pancasila benar-benar dirasakan para murid dalam interaksi di sekolah.Survei Karakter adalah upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter para murid di sekolah terkait apakah azas Pancasila benar-benar dirasakan para murid dalam interaksi di sekolah. Ini kompetensi minimum kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun materinya.Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.
Peningkatan mutu sistem pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian siswa dalam menguasai materi pelajaran dan nilai ujian akhir, apapun sebutannya. Keberhasilan sistem pendidikan lebih difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap.Terlebih pada era transformasi pendidikan abad ke-21, dimana arus perubahan menuntut murid menguasai berbagai kecakapan hidup yang esensial untuk menghadapi berbagai tantangan abad ke-21 dimana siswa memiliki kecakapan belajar dan berinovasi, kecakapan menggunakan teknologi informasi, kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat. Inilah yang menjadi latar belakang pelaksanaan survei karakter.Selain tuntutan kecakapan abad 21, profil pelajar Pancasila juga menjadi rujukan pencapaian karakter bagi seluruh siswa di Indonesia. Bahkan profil pelajar pancasila ini sudah merangkum serangkaian kecakapan hidup abad 21.
Adapun indikator karakter yang diukur adalah:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
- Berkebhinekaan Global
- Bergotong royong
- Bernalar kritis
- Mandiri
- Kreatif
Sistem pendidikan bukanlah ajang pacuan kuda: siapa tercepat dialah yang terhebat. Evaluasi sistem pendidikan tidak sekadar membandingkan hasil belajar, namun memotret determinan yang memengaruhi hasil belajar secara positif. Hasil PISA 2018 menunjukkan hampir di seluruh negara peserta, siswa meraih skor membaca lebih tinggi ketika mereka menilai gurunya antusias saat mengajar dan menyukai topik yang diajarkannya: teaching with passion. Survei lingkungan belajar sebagai bagian dari Asesmen Nasional merupakan upaya untuk menggali faktor input dan proses pembelajaran yang mendorong hasil belajar yang optimal.
Survei lingkungan belajar sebagai instrumen dalam Asesmen Nasional akan mengukur kualitas pembelajaran dan iklim keamanan serta inklusivitas sekolah yang menunjang pembelajaran. Selain itu, survei lingkungan belajar juga menjadi refleksi bagi guru dan menjadi tolok ukur perbaikan praktik pengajaran serta mengetahui latar belakang keluarga siswa.
Informasi dari survei lingkungan belajar berguna untuk melakukan diagnosis masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan setempat. Dengan instrumen lainnya yakni asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi numerasi dan survei karakter, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah, madrasah, program kesetaraan jenjang dasar dan menengah, serta pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan.
Asesmen Nasional juga merupakan strategi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka penguatan penjaminan mutu pendidikan khususnya mendorong penilaian formatif pendidikan untuk memonitor hasil pembelajaran dan menyediakan informasi diagnostik bagi guru, sekolah, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya.
Asesmen Nasional akan diikuti oleh murid, guru, dan kepala satuan pendidikan. Para murid atau warga belajar akan mengerjakan AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar, sedangkan para guru dan para kepala satuan pendidikan akan mengerjakan survei lingkungan belajar secara mandiri. Sebagai langkah awal, Asesmen Nasional akan dilaksanakan bagi siswa kelas 5, 8, dan 11 serta kelas 6, 9, dan 12 khusus untuk pendidikan kesetaraan.
Berikut contoh soal Soal Survey Karakter ANBK 2021 :
1. Kamu memiliki seorang teman yang berlainan keyakinan dengan kamu, suatu ketika kamu diundang olehnya untk menghadiri acara respsi perkawinannya.
Tindakan yang kamu lakukan adalah ….
A. tidak datang menghadirinya
B. menolak dengan cara halus bahwa kamu ada acara lain
C. memenuhi undangannya
D. mengucapkan selamat melalui telpon
Kunci Jawaban C
Karena resepsi pernikahan hanyalah acara seremonial tidak ada sangkut pautnya dengan ibadah agama masing-masing, sesama penganut agama saling toleransi dan bekerjasama selama tidak menyangkut proses ritual keagamaan. Sesuai prinsip Pancasila terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.
2.Pak Dedi punya sebidang tanah yang dekat dengan perkampungan penduduk, pak Dedi memanfaatkan tanahnya dengan memelihara ayam potong. Namun bau kotoran dari kandang pak Dedi mengganggu warga di kampung tersebut. Warga melakukan protes karena pencemaran udara.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Dedi adalah ….
A. bermusyawarah dengan warga kampung untuk menyelesaikan permasalahan
B. menimbun kotoran ayamnya setiap hari
C. memindahkan kandang ayamnya ke kandang kolektif
D. memberi biaya ganti rugi setiap bulan terhadap warga yang terdampak
E. menempuh jalur hukum karena dia merasa bebas melakukan apapun di atas tanahnya
Kunci Jawaban A
Karena menyelesaikan permasalahan diutamakan dengan musyawarah untuk mufakat sebagai jalan keluar terbaik. Peinsip Pancasila terutama Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
3.Pincen adalah warga Desa Sukarmaju, pada saat pemilihan kepala desa, Pincen melakukan serangan fajar dalam bentuk membagi-bagikan uang dan sembako agar warga menjatuhkan pilihan terhadap dirinya sebagai kepala desa. Ternyata setelah diadakan penghitungan suara, Pincen memeroleh suara mayoritas. Kamu mengetahui bahwa Pincen berbuat tidak jujur dalam meraih kemenangan.
Bagaimana sebaiknya tindakan kamu untuk melawan ketidakadilan tersebut?
A. acuh tak acuh karena kamu tidak dirugikan karena bukan kontestan
B. melapor kepada aparat penegak hukum dan pengawas pemilihan dengan bukti yang kuat
C. diam saja karena warga kampungmu semua kebagaian uang takutnya kamu jadi sasaran kemarahan warga
D. memberi tahu kontestan lain yang dirugikan
E. mendatangi Pincen kalau aksinya ada yang mengetahuinya dan meminta uang diam kalau mau selamat
Kunci Jawaban B
Karena politik uang dilarang, melaporkan harus disertai dengan bukti yang sangat kuat agar tidak menjadi fitnah.
4. Si A adalah seorang warga negara yang tidak bertanggung jawab karena tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum. Si A lebih parah lagi dengan mengajak teman akrabnya Si B untuk golput.
Apa yang harus si B lakukan atas ajakan Si A tersebut?
A. Si B mengikuti ajakan Si A karena tidak kuasa menolak kawan akrabnya demi teman
B. Si B mengikuti ajakan Si A karena ada bayarannya
C. Si B mengikuti ajakan si A karena takut kehilangan teman akrabnya
D. Si B menolak ajakan si A karena salahsatu kontestan adalah idolanya yang sangat dia kagumi yng selama ini banyak membantu kehidupan masyarakat
E. Si B menolak karena salah satu kontestan adalah dari keluarganya
Kunci Jawaban D
Karena berdasarkan keyakinan suara hati nuraninya demi kepentingan orang banyak tanpa memandang keluarga, teman, uang atau anti KKN, Si B mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, bersikap nasionalisme, integritas.
5.Pak Ahmad adalah seorang guru yang berkepribadian baik dan selalu berinovasi dalam memajukan sekolahnya sehingg murid selalu menanti kehadiran pak Ahmad baik di Sekolah apalagi di depan kelas. Namun malang tidak bisa ditolak, pak Ahmad tiba-tiba dipindah tugaskan ke sekolah yang kurang maju.
Apa yang seharusnya dilakukan Pak Ahmad? Adalah ….
A. menerima dengan alasan yang masuk akal
B. menolak karena merasa masih dibutuhkan di tempat semula
C. menerima dengan lapang dada karena pindah adalah hal yang biasa
D. menerima dengan penuh tanggungjawab
E. menolak karena sudah menjelang pensiun sebagai guru
Kunci Jawaban D
Pak Ahmad medahulukan kepentingan bangsa dan negara karena di sekolah manapun sama saja justru Pak Ahmad dapat menyumbangkan tenaga pikiran untuk memajukan sekolah tersebut. Sikap Pak Ahmad adalah nasionalis, tanggungjawab, integritas.
6. Sekolah sudah membuat mengenai larangan siswa laki-laki untuk memiliki rambut gondrong. Seorang guru menegur Darko agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Darko menyukai model rambutnya sekarang ini. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Darko adalah ….
A. segera memotong rambutnya sepulang sekolah
B. menunggu sampai ditegur kembali, baru kemudian memotong rambutnya.
C. mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong saat ini.
D. membuat alasan agar dimaklumi oleh guru.
Kunci Jawaban A
Karena bagaimanapun sekolah punya aturan tersediri dalam tata tertib yang harus ditaati semua warga sekolah tanpa kecuali. Sikap integritas yaitu mentaati aturan yang berlaku dalam hal ini tata tetib sekolah.
7. Semester baru sudah berjalan dua minggu dan di kelasnya Toni tanpa ada ketua kelas. Wali kelas sudah meminta untuk segera diangkat ketua kelas untuk keperluan koordinasi kegiatan belajar, tetapi tidak ada satupun siswa berani mengajukan diri menjadi ketua kelas.
Tindakan yang seharusnya dilakukan Toni dalam menghadapi situasi tersebut adalah ….
A. menunjuk teman lain dan mengajukannya kepada wali kelas.
B. mendorong teman-teman sekelasnya untuk mengajukan diri menjadi ketua kelas.
C. mengajukan diri karena memang mampu menjadi ketua kelas
D. mengajukan diri menjadi ketua kelas jika diperbolehkan menunjuk wakilnya sendiri
Kunci Jawaban B
Karena Toni ingin menumbuhkan sikap percaya diri teman-temannya sebagai tawaran Toni agar Toni tidak dianggap otoriter, dominan, bagaimanapun juga onir adalah seorang siswa yang sama dengan siswa lainnya, semua siswa punya hak yang sama untuk mengajukan diri sebagai calon ketua kelas. Tertanam sifat penghormatan terhadap hak orang lain. Tidak memandang remeh orang lain.
8. Cindy diajak temannya untuk datang pada acara jumpa fans artis idolanya, tetapi waktunya bertepatan jadwal bimbingn belajar. Cindy sudah memiliki kesepakatan dengan orangtuanya untuk tidak bolos.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Cindy adalah ….
A. meminta izin kepada orangtua untuk sekali ini saja membolos bimbingan belajar
B. tetap mengikuti bimbingan belajar, tetapi meminta izin pulang lebih awal
C. mengikuti ajakan temannya, karena acara terebut sangat jarang diadakan
D. tetap bimbingan belajar dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut
Kunci Jawaban D
Mendahulukan bimbingan belajar karena tidak mau mengecewakan orangtuanya serta untuk masa depannya. Bimbingan belajar tetap yang utama. Tertanam sikap pengendalian diri.
9. Mery berasal dari suku yang berbeda dengan Tina. Ketika sedang diskusi mengenai kebudayaan, Tina sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung perasaan Mery.
Tindakan yang sebainya dilakukan Mery adalah ….
A. mengabaikan perasaanya dan fokus topik diskusi
B. menyanggah apa yang dikatakan Tina mengenai sukunya
C. menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing
D. membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Tina
Kunci Jawaban C
Karena tidak dibenarkan bersikap primordial atau kesukuan yang menonjolkan suku atau daerahnya sendiri dengan merendahkan suku, budaya daerah lain. Bertentangan dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila terutama Sila Persatuan Indonesia. Tertanam sifat nasionalisme dalam diri Mery.
10. Ando merpakan teman sebangku Dino. Ando sering diejek teman-teman sekolahnya karena badannya gemuk dan pendek. Dino kasihan pada Ando, tetapi dia takut dijauhi teman lainnya jika berteman dengan Ando.
Tindakan yag seharusnya dilakukan Dino adalah ….
A. berusaha membela Ando
B. menjaga jarak dengan Ando
C. tetap berteman jika tidak ada teman lain
D. tetap berteman dengan Ando
Kunci Jawaban D
Karena semua manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki harkat dan martabat yang sama, tidak diskriminatif, tidak rasialisme, sesuai dengan prinsip Pancasila terutama Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
11. Pada saat akan membuang botol plastik botol bekas minuman, Insan kesulitan dalam mencari tempat sampah, Insan melihat beberapa orang yang membuang sampah dipinggir jalan.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh Insan adalah ….
A. membuangnya pada tempat terembunyi
B. membuang sampah dipinggir jalan
C. membawa pulang untuk digunakan kembali
D. memegangnya sampai mendapatkan tempat sampah
Kunci Jawaban D
Tidak membuang sampah sembarangan menunjukkan Insan adalah orang yang bertanggungjawab, responsive, tanggap, peduli lingkungan. Karena lingkungan menjadi tercemar dan limbah plastik itu terurainya sampai ratusan tahun berbahaya bagi kelanjutan ekosistem semua makhluk hidup.
12. Dedi menemukan uang yang jatuh di halaman sekolah. Dia ingin mengembalikan uang tersebut, tetapi tidak tahu siapa pemiliknya.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Dedi adalah ….
A. menyerahkan uang tersebut kepada guru
B. membiarkan saja
C. bertanya kepada beberapa teman
D. membawa pulang
Kunci Jawaban A
Karena apapun yang terjadi selama di sekolah adalah dikembalikan kepada guru, karena gurulah orangtua jika di sekolah. Dedi bersikap jujur dan tanggungjawab untuk diserahkan kepada guru. Guru yang akan mengembalikan dengan cara atau strateginya sendiri bagaimana cara mengembalikan uang yang tidak diketahui murid.
13. Bendi diberi tugas untuk mengumpulkan sumbangan dalam rangka membantu biaya perawatan teman sekelasnya yang sedang sakit. Akan tetapi, pada waktu yang bersamaan, ibunya belum memiliki uang untuk membayar sewa rumah yang hari itu juga harus dibayarkan.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Bendi adalah ….
A. Segera memberikan uang sumbangan tersebut kepada temannya yang sakit
B. memberikan semua uang untuk membayar sewa rumah ibunya
C. menggunkan sebagian uang untuk membayar sewa rumah ibunya
D. meminta izin teman-temannya meminjam uang untuk membayar sewa rumah
Kunci Jawaban A
Karena menyangkut nyawa dan amanat segera untuk dibelikan obat atau biaya perawatan, sedangkan sewa rumah masih bisa ditunda beberapa saat masih bisa dinegosiasikan/dirundingkan. Sikap budi adalah sabar, amanah, peduli orang lain, dan mengendalikan diri dan mendahulukan kepentingan orang lain.
14. Pak Tino adalah guru olahraga di SMP Kebangsaan. Di sekolah tersebut hanya ada satu lapangan yang digunakan untuk olahraga Bola Voli dan Basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk menggunakan lapangan tersebut karena harus berlatih untuk meghadapi turnamen keesokan harinya. Namun hari itu merupakan jadwal latihan tim Bola Voli.
Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh Pak Tino adalah ….
A. memberikan izin kepada tim basket dan meminta pengertian kepada tim voli
B. membagi separuh waktu untuk tim voli dan separuhnya untuk tim basket
C. menolak permohonan tim basket karena hari itu adalah jadwal untuk tim voli
D. meminta pada kedua tim untuk untuk bertukar jadwal latihan agar tim basket dapat berlatih hari ini.
Kunci Jawaban D
Tidak ada yang dirugikan dan saling pengertian cuma waktu mundur saja, jadi kedua kegiatan dapat berjalan. Kedua tim saling bersikap toleransi dan semua ada jalan keluar kalau dimusyawarahkan. Pak Tino seorang yang bijaksana.
15. Amin dan Rino mendapat tugas untuk mencari materi pelajaran di Internet. Ketika sedang menyelesaikan tugas di rumah Rino, Amin diajak bermain game onine, padahal ibunya pesan agar ia tidak bermain game online.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Amin adalah ….
A. mengikuti ajakan Rino, karena game tersebut edisi terbaru
B. bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan
C. menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya
D. meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya selesai
Kunci Jawaban C
Fokus kepada tujuan semula agar tercapai dan sukses dalam menempuh cita-cita, sikap Amin tidak mau mengkhianti, merusak kepercayaan, berbohong, bisa mengendalikan diri, Amin berbakti pada orangtuanya.
16. Anda sebagai juri lomba. Kebetulan salahsatu pesrta adalah anak anda. Anda tahu bahwa anak anda melakukan kesalahan tetapi juri lain tidak tahu. Mereka memberi nilai tinggi pada anak anda.
Apa yang anda lakukan? Adalah ….
Jawabannya :
Memberi tahukan ke juri lainnya, dan serahkan penilainnya kepada keputusan bersama juri secara adil dan bijaksana. Tertanam sifat jujur.
17. Si A adalah siswa SMP. Karena ada Sesutu hal ia kesiangan ketika ia berangkat sekolah, tapi A tidak ingin terlambat. Kebetulan di rumah ada sepeda motor milik bapaknya.
Apa yang seharusnya dilakukan si A? adalah ….
Jawabannya :
Meminta diantar oleh salahsatu anggota keluarga mengguakan sepeda motor, kalaupun sampai sekolah tetap terlambat segera menjelaskan duduk persoalannya kepada guru secara terus terang, terbuka, dan jujur didampingi oleh anggota keluarga yang mengantarnya.
18. Dona akan mengikuti seleksi. Materinya dalah A, B, C, dan D. Dia lemah di materi A sedangkan materi B, C, dan D dikuasainya.
Apa yang dilakukan Dona agar lulus dalam tes? Adalah ….
Jawabannya :
Dengan melakukan pendalam materi yang belum dikuasainya bisa melalui bimbingan belajar, les tambahan, belajar mandiri. Sifat kerja keras, pantang menyerah.
19. Rangga adalah ketua OSIS sekligus ketua penyelenggra pentas seni yang akan mengadakan pertunjukan dengan tema budaya nasional. Namun ada temannya yang menginginkan dipentaskan juga seni bernuansa Arab.
Apa yang harus dilakukan Rangga agar pentas tersebut tetap berjalan? Adalah ….
Jawabannya :
Bermusyawarah bahwa acara itu memang untuk budaya nasional, kalau ternyata hasil musyawarah harus ditampilkan seni bernuansa Arab maka dilaksnakanlah hasil msyawarah itu yang terbaik sesuai prinsip Pancasila terutama Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Semua tunduk dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan etikad baik.
20. Si C senang dengan olahraga, dia ingin kuliah memilih jurusan olahraga, tetapi bapaknya menyuruh memilih jurusan sains.
Apa yang seharusnya dilakukan oleh si C? adalah ….
Jawabannya :
Katakan mengapa dia tidak suka dengan sains dan musyawarahkan dengan orangtua bahwa dirinya tidak tertarik kepada sains dan tidak percaya diri, kalau dipaksakan khawatir gagal, yang rugi bukan bapaknya saja tetapi dirinya dan masa depannya. Tertanam sifat berani mengemukakan pendapat, jujur, dan tahu kemampuan diri sendiri.
(sumber di : https://jurnaldiknas.blogspot.com/2020/05/contoh-soal-survei-karakter-lengkap.html)
Contoh Soal Survey Lingkungan Belajar KLIK DISINI (sumber : https://www.anantakendek.com/2021/02/20-contoh-soal-survei-lingkungan.html)