Pendidikan Karakter adalah belajar mengenai kebiasaan dalam berfikir dan berperilaku untuk membentuk setiap individu untuk saling berkerjasama dalam kehidupan bermasyarakat yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action) Pendidikan Karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan akan menjadikan seorang warga sekolah menjadi seseorang yang cerdas emosinya.
Gerakan PBLHS lebih dikenal dengan gerakan adiwiyata merupakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.
Impementasi karaktar adiwiyata ini yang diterapkan akan dapat meningkatkan prestasi seluruh warga sekolah dan membentuk warga sekolah memiliki keterampilan abad 21, yang di kenal denga istlah 4C yaitu communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), creativity and innovation (kreativitas dan inovasi).
Buku ini membahas tentang pengalaman penulis dan peserta didik dalam melaksanakan implementasi karakter adiwiyata yang dapat meningkatkan prestasi akademik peserta didik dan meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
Buku ini sangat tepat dan bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat umum untuk dijadikan motivasi di semua kalangan untuk menanamkan karakter adiwiyata peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, kreatifitas, dan tanggung jawab.